Selasa, 10 Januari 2017

Pengertian dan Kajiaan Geografi



Pengertian dan Kajiaan Geografi
A.  PENGERTIAN GEOGRAFI
Sebagian orang juga beranggapan bahwa geografi adalah segala aktivitas dan perbuatan yang berhubungan dengan peta. Orang yang berpendapat demi-kian karena apa yang dibaca baik dalam cerita fiktif tentang petualangan se-orang pelayar yang kemudain terdampar di suatu pulau yang tidak di kenal se-lanjutnya berjuang dan akhirnya memjadi pengusaha perkebunan kopi di brasil,dimana ia menceritakna keadaan lokasi pulau.lingkungan pulau dan bagaiman ia menyesuaikan.cerita atau petualangan dari hasil perjalanan ke wilayah atau tempat.
1.      Geografi sebagai ilmu pengetahuan biosfisik
Pada akhir abad ke-19.ketika ilmu pengetahuan,seperti geologis,mete-rologi, dan botani sudah mengalami perkembangan yang sedemikian pesat maka ahli-ahli geografi terpengaruh dan tertarik mengikuti metode-metode disiplin ilmu-ilmu tersebut
2.      Geografi sebagai relasi hubungan timbal balik antara manusia dengan alam
Konsep geografi yang masih berlaku di kalnhan orang awam yangkni tujuh geografi adalah menyikap bagaimana lingkungan alam berpengaruh terhadap kondisi tingkah laku manusia
3.      Geografo sebagai ilmu ekollogi manusia
Keanekaragamaan dikalangan pengikiut paham determinisme envron-mentalis mendefinisikan georagri sebagai studi pengetahuan yang mempe-lajari hubungan manisia dengan tempat tinggalnya.
4.      Georafi sebagi studi bentang lahan
Paham ini bertentangan dengan pendapat kaum enpironmetalisme yang mengatakan bahwa lingkungan alam lebih bersifat pasif dan masyarakat manusia berperan lebih aktif
5.      Geografi sebagai studi penyebaran gejala di permukaan bumi
     Penempatan lokasi suatu benda atau penduduk di dalam peta di tanya-kan  dengan pola-pola penyebaran
6.      Georafi sebagai keruangan bumi
Dalam perjalanan perkembangan pemikiran geografi dari waktu ke waktu munculah gagasan-gagasan agar ilmu geigrafi untuk menjadi sema-kin bersifat ilmiah.
B.  KAJIAN MATERI GEOGRAFI
Kajian materi suatu ilmu kadang-kadang di pelajari oleh ilmu-ilmu yang lain (objek material).Sebagai contoh,antara geografi sosial,dengan sosiologi,sama-sama mempelajari prilaku manusia pada suatu tempat.
Pendekatan Materi Geografi
Pendekatan geografi ada tiga macam, yakni pendekatan keruangan, pende-katan ekologikal,dan pendekatan kompleks wilayah.


A.  PENDEKATAN KERUANGAN
Agar pemahaman tentang pemahaman geografi sebagai bagian yang pen-ting dan merupakan lanjutan yang anda perlu ketahui.pendekatan ini meru-pakan kerangka analiasis yang menekankan eksistensi (keberadaan)ruanagn sebagai penekanannya.
Konsep tempat dalam pengertian wilayah dapat digunakan sebagai pendekatan geografi,klasifikasinya adalah sebagai berikut.
1.      Unifrom Region
2.      Nodal Region
3.      Generic Region
4.      Specipic Region
B.  PENDEKATAN EKOLOGI
Pendekatan ini lebih menekankan keterikan antara penomena geosfer tertentu dengan variabel lingkungan yang ada bukan ekstensi keruangan pengertian alnalisis ekologi hendaknya tidak di artikan secara sempit,sebagai suatu bentuk hubungan antara mahluk hidup dengan”natural enpironment”saja,tetapi harus pula dikaitkan dengan (1)”phenomenal enviroment, (2)”bhvoural enviroment”
1.      Lingkungan Fenomena atau Gejala Fisik
Lingkungan ini meliputi (a) iklim yang menguntungkan sehingga mampu mendukung bagi usaha pertanian dan perternakan.(b) tanah yang subur tercermin dari berbagai macam jenis tanaman yang tumbuh di kawasan ini. (c)pola pengairan yang cukup baik dimana di ketemukan sember-sumber mata air yang mampu mencukupi kebutuhan pendudduk. (d) Flora pegunungan yang terdiri dari hutan,semak belukar dan tanaman-tanaman budi daya masyarakat. (e)lokasi bencana alam hanya terbatas pada daerah aliran awam panas dan lahar dingin. (f) Tipe bencana alam di anggap oleh penduduk tidak selalu terjadi sepanjang tahun.(g)Pola penyebaran penduduk menggerombol menye-sukai dengan bentuk lahan dan jalan.
2.Lingkungan Tingkah Laku
a.kepercayaan masyarakat setampat.
b. organisasi sosial penduduk
c.agama yang di anut oleh penduduk setempat
3. Resepsi dan Aspirasi Penduduk terhadap Bencana Alam Gunung Me-rapi
Resepsi ada aspirasi terhadap bencana alam gunung merapi bagi mereka adalah tidak merugikan dan tidak membahayakan karna di anggap sebagai takdir malah memmberikan berkah bagi mereka karena agar menyuburkan tanah pertanian mereka
C.  PENDEKATAN KOMPLEKS WILAYAH DAN PRESENTASI PETA
Kombinasi antara analisis keruangan dan analisis ekologi di sebut analiasi kompleks wilayah.perbedaan dengan wilayah yang lain,oleh karena itu terdapat permintaan dan penawaran antara wilayah tersebut.pada analisis ini diperhatikan pula mengenai penyebaran penomena tertentu (alisis keruangan)dan interaksi antara variabel manusia dengan lingkungannya untuk kemudian di pelajari kaitanya (analisisi ekologi)
Presentasi peta
Dalam konteks pemahaman tentang wilayah anda dapat mengetahui dan menyebarkan informasi yang berguna. Peta dasar dapat diturunkan dari peta topologi,peta dunia,peta navigasi udara,dan peta dunia laindengan berbagai variasi skala.

Materi Pelajaran Geografi di SD/MI/Paket A
A.PELAJARAN GEOGRAFI DI SD/MI
1.Kedudukan geografi dalam ilmu pengetahuan sosial
Berdasarkan kurikulum berbasis kompetensi (KBK) kedudukan mata pela-jaran geografi di tingkat SD/MI dan Paket A geografi termasuk bagian dari il-mu pengetahuan sosial.mata pelajaran IPS merupakan gabungan dari so-siologi,geografi, ekonomi,dan sejarah.
2.    Tujuan pelajaran ampilan sosial.
Ilmu pengetahuan sosial di SD,MI,dan Paket A mempunyai tujuan sebagai berikut.
a.mengembangkan pengetahuan dasar kesosiologian,kegeografian,keekonomian,kesejarahan dan kewarganegaraan.
b.mengembangkan kemampuan berfikir,inkuiri,pemecahan masalah dan keterampilan sosial
c.mengembangkan komitmen dan kesadaran tentang nilai-nilai kemanusiaan.
d.meningkatkan kemampuan berkompetensi bekerja sama dalam masyarakat yang majemuk,baik dalam skala nasional maupun skala internasional.
3.Ruang Lingkup Pembelajaran IPS Geografi
Ruang lingkup pembelajaran IPS Geografi adalah sebagai berikut “Asep amnusia,ruang dan lingkungan”yang terbagi kedalam subaspek,yakni (a) sistem Informasi geografi, (b) Interaksi gejala fisik dan sosial, (c)Struktur internal suatu wilayah,(d) Interaksi keruangan,dan(e) persepsi lingkungan dan kewilayahan.
4. Kompentesi Dasar Geografi Dalam IPS SD/MI/Paket A
Setandar kompetensi mata pelajaran IPS Geografi di SD,MI,dan Paket A adalah sebagai berikut.
a.       Kemampuan memahami perubahan unsur-unsur fisik muka bumi dan pengaruhnya terhadap kehidupan manusia di bumi.
b.      Kemampuan memahami kondisi geografis, permasalahan kepen-dudukan,dan lingkungan hidup di indonesia dan konteks pemba-ngunan berkelanjutan.
c.       Kemampuan memahi kondisi fisik dan sosial negara berkembang serta negara maju.

B. MATA PELAJARAN GEOGRAFI DI SD/MI
Pengertian geografi
Berdasarkan kurikulum berbasis Kompetensi (KBK)pengertian geografi di jelaskan “Geografi mengkaji tentang aspek ruang dan tempat pada berbagai skala di bumi” untuk menjelaskan pola-pola gejala geografi yang terbentuk,dan mempertajam maknanya,disajikan dalam bentuk deskripsi,peta,dan penampilan geografis lainya.
Meenurut “Geografi Dunia” menurut haggett (1996) di dalam pelajaran Geografi Dunia siswa akan menjawab 7 kecenderungan masalah geografi di masa mendatang ,yaitu sebagai berikut.
a.    Jemlah penduduk dunia akan terus-menurus bertambah
b.    Jika rata-rata kebutuhan energi dan sumber daya alam lain di negara ketiga semakin meningkat dan melabihi rata-rata kebutuhan energi dan sumber daya alam
c.    Gampak gabungan dari no 1 dan 2 di atas akan cenderung terjadinya pening-katan tekanan terhadap lingkungan alam baik secara lokal maupun global
d.   Adanya terus-menerus pencarian penambangan sumber daya alam ke wilayah lepas pantai semakin meluas
e.    Dunia akan bertambah semakin “mengecil”,dengan semakin berkurangnya waktu untuk perjalanan karna kemajuaan tarsportasi dan komonikasi maka kesempatan-kesempatan melakukan perjalanan jauh dapat mudah di lakukan serta di dukung adanya perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat.
f.     Revolusi elektronika barusaja di mulai,tetapi kekuatan dan pengaruhnya semakin bertambah kuat.
Melemahnya struktur hierarki lama barangkali menimbulkan implikasi melemahnya kekuatan geopolitik

1 komentar: