Selasa, 10 Januari 2017

SEJARAH PERKEMBANGAN IPS SECARA UMUM



SEJARAH PERKEMBANGAN IPS SECARA UMUM
Bila di analisis dengan cermat,di dalam pengertian awal ‘sosial studies’ tersebut di atas terkandung hal-hal sebagai berikut.
1.      Social studies merupakan turunan dari ilmu-ilmu sosial
2.      Disiplin ini dan isiplin ini dikembangkan untuk memenuhi tujuan pendi-didkan/pembelajaran baik pada tingkat persekolahan maupun tingkat pen-didikan tinggi.
3.      Aspek-aspek dari masing–masing disiplin ilmu sosial itu perlu di seleksi sesuai dengan tujuan tersebut.
Disiplin ilmu sosial diakui sangat berguna dalam memberikan fakta yang benar, dan teori serta prinsip yang dapat digunakan dalam proses pengambilan keputusan kecenderungan sosial studies untuk melatih keterampilan reflective thingking in i, demikian ditekan kan oleh barr dkk.
Gerakan tersebut dipacu lebih kuat oleh pemikiran bruner yang dengan tegas berargumentasi bahwa pandangan ini sangat mempengaruhi pikiran dan sikap para sejarahwan dan ahli il mu sosial, dan mereka beragumentasi mengapa harus bersusah payah mengembangkan sosial studies, toh konsep, genaralisasi, teori dan prosedur, serta model disiplin akademik dapat diajarkan kepada anak berbagai tingkat usia sekolah
Jika dilihat dari fisi, misi dan strateginya, barr, dkk. ( 1978:1917) sosial studies telah dan dapat dikembangkan dalam tiga tradisi, yakni sosial studies taught as citizenship transmission, social studies taught as social science and social studies taught as reflective inquiry.
Secara esensial terkandung visi, misi dan strategi pendidikan social studies yang mengokohkan kristalisasi pemikiran yang lebih solid dan kohesip.

SEJARAH PERKEMBANGAN IPS DI INDONESIA
Untuk menelusuri perkembangan pemikiran atau konsep pendidikan IPS di indonesia secara historis evistemologis terasa sangat sukar karena ada dua alasan . pertama , di indonesia belum ada lembaga provesional bidang pendidikan IPS seperti NCSS, kedua, perkembangan kurikulum dan pembealajaran IPS sebagai antologi ilm u pendidikan ( disiplin)
Oleh karna itu,perkembangan pemikiran mengenai pendidikan IPS di indonesia akan di telusuri dari alur perubahan kurikulum IPS dalam dunia persekolahan dikaitkan dengan beberapa konten pertemuan ilmiah dan penelitian yang relapan dalam bidang itu,yang secara seporadis dan yang dapat di jangkau.
Ada 3 istilah yang muncul dan digunakan secara bertukar pakai (inter chngeably),yakni
1.      Pengetahuan sosial
2.      Studies sosial
3.      Ilmu pengetahuan sosial
Sedangkan dalam kurikulum sekolah menengah 4tahun,digunakan istilah (1)’studies sosial’ sebagai mata pelajaran inti untuk semua siswa dan sebagai bendera untuk mata pelajaran sosial yang terdiri atas geografi,sejarah,dan ekonomi sebagai mata pelajaran mayor pada jurusan IPS,(2)’pendidikan kewargaan negara’sebagai mata pelajaran inti bagi semua jurusan dan (3)’civics dan hukum’sebagai mata pelajaran mayor sebagai IPS
Tradisi ini nampanya di terapkan juga dalam mata pelajaran sosiologi,geografi,tata negara,sejarah budaya,dan antropologi sebagai mana dapat di kaji dari masing-masing tujuannya .
Bertitik tolak dari pemikiran mengenai kedudukan konsep tual PDIPS tersebut, dapatlah didentifikasi sekolah objek telah daru sistem pengetahuan PDIPS tersebut sebagai berikut.
1.      Karakteristik potensi dan perilaku belajar sisiwa SD,SLTP,dan SMU
2.      Karakteristik potensi dan perilaku belajar mahasiswa FPIPS-IKIP atau JPIPS-STKIP/FKIP.
3.      Kurikulum,dan bahan belajar IPS SD,SUP dan SMU
4.      Disiplin ilmu-ilmu sosial,humaniora,dan disiplin lain yang relapan
5.      Teori,prinsip,stategi,media,dan evaluasi pembelajaran IPS
6.      Masalah-masalah sosial,dan masalah ilmu dan teknologi berdampak sosial.
7.      Norma agama yang melandasi dan memperkuat profesional

Tidak ada komentar:

Posting Komentar